Rabu, 25 Desember 2013

Setiap Anak Terlahir Istimewa

Anak merupakan anugerah(1) yang sangat berharga dan(10) setiap anak yang terlahir(2) di dunia(6) ini tidak semua memiliki kesempurnaan(2) fisik maupun(8) mental.(14) Banyak(1) orang tua(4) yang terlalu(2) memaksakan kehendak mereka kepada si anak(7) agar menjadi seperti apa yang mereka inginkan(2), tapi(10) tanpa disadari bahwa anak-anak(3) masih ingin(1) bermain dengan dunianya(5) . Selain makanan,(14) pakaian , buku dan mainan, anak juga sangat membutuhkan(2) belaian kasih sayang(4) dari orang-orang yang ada di sekitar(6) mereka(12). Anak selalu ingin diperhatikan(2) dan merasa sangat sedih(1) bila ditinggalkan. Kedekatan(2) antara orang tua(4) dan anak harus terus ditingkatkan(2) agar orang tua lebih memahami keadaan dan masalah yang dihadapi(2) oleh buah hatinya(9) (12). Setiap orang tua berharap(2) memiliki anak yang sempurna, sehat dan cerdas, namun pada kenyatannya banyak anak-anak yang terlahir dalam keadaan(2) yang serba kekurangan dari segi fisik maupun(8) mental(12). Sebaiknya para orang tua yang memiliki(2) anak dengan kekurangan tertentu lebih(1) berlapang dada karena apabila mereka sedih dan kecewa, anak-anak jauh lebih merasakan semua itu (12). Meski setiap anak(1) yang lahir(1) di dunia ini berbeda satu sama lain,(14) tetapi mereka semua memiliki bakat dan keistimewahan masing-masing(3).
Si(7) buah hati(9) datang membawa dunia mereka masing-masing. Banyak orang tua yang memaksakan kehendak terhadap anak tanpa mereka memikirkan kebahagiaan dari(1) anak itu sendiri. Kebanyakan orang tua memaksa anaknya(5) menjadi(2) seperti apa yang mereka mau atau ada juga orang tua yang memaksakan anaknya(5) menjadi hal yang belum sempat mereka raih pada masa muda mereka, padahal(10) anak-anak memiliki keinginan mereka sendiri. Setiap orang tua berharap memiliki anak emas(9), sehingga anak  selalu dituntut untuk belajar, bersaing dan mendapatkan rangking terbaik di sekolahnya. Padahal mereka merupakan malaikat kecil(1) yang dipaksa(2) bersaing memerangi kawan-kawannya sendiri  dan dari(6) persaingan itu,(14) banyak efek(13) negatif yang mereka terima.  Oran tua seringkali(4) tidak sadar(1) bahwa anak juga memiliki dunia mereka sendiri seperti bermain, bersosialisasi dengan teman dan bereksplorasi untuk mengenal lingkungan serta mengembangkan(2) imajinasi mereka. Mereka bukanlah(8) mesin(13) pemenuh keinginan dan nafsu orang tua.  Anak sering dimarahi(2) apabila mereka memiliki keterlambatan dalam membaca, menulis dan berhitung. Orang tua tidak mau tahu(1) alasan keterlambatan dan masalah apa yang sedang dihadapi oleh anak, namun mereka seringkali bertindak(2) kasar ,ringan tangan(9) dan gelap mata(9) terhadap anak. Berikanlah (8)  anak banyak waktu untuk bermain karena terkadang tanpa disadari mereka belajar pada saat bermain. Saat ini banyak sekali orang tua yang memaksakan pemikiran-pemikirannya(3) terhadap anak. Harus disadari bahwa anak-anak berbeda dengan orang dewasa, lagi pula(10) sesuatu yang dianggap baik oleh orang dewasa belum tentu(1) merupakan hal yang sama terhadap anak. Orang dewasa sering melihat anak dari sudut pandang mereka sendiri, di satu sisi(6) mereka lebih tau, lebih besar dan lebih tua dari anak-anak tapi di sisi lain mereka memposisikan anak-anak sejajar dengan mereka. Anak sering merasa tertekan, depresi(13) dan ketakutan yang berlebihan karena pemaksaan kehendak orang tua.  Sebaiknya orang tua dan keluarga melibatkan anak dalam proses(1) pengambilan keputusan berdasarkan pandangan anak itu sendiri. Hal ini membantu(2) dalam(1) perkembangan mereka dan sekaligus anak- anak akan merasa diri mereka lebih dihargai(2)  dalam keluarga.
Semua anak memiliki bakat(1) khusus yang perlu diperhatikan dan dipelihara sehingga dalam kehidupan mereka selanjutnya menjadi lebih baik. Orang tua
sangat berperan(2) penting dalam membantu anak-anak mereka mengembangkan bakat dan kecerdasan dengan menjalin kerjasama antara orang tua dan anak-anak di rumah(6). Bakat anak-anak harus dikembangkan sedini mungkin sehingga mereka dapat mencapai potensi mereka sepenuhnya. Orang tua tidak harus orang yang berpendidikan tinggi atau memiliki banyak(1) uang, atau bahkan memiliki banyak waktu agar dapat(1) membantu anak-anak mereka belajar dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berpikir dan berkomunikasi, karena(10) banyak cara yang bisa dilakukan orang tua melalui pendekatan-pendekatan(3) terhadap anak, menjalin komunikasi yang baik dan selalu bersedia(2) membantu anak dalam kesulitan belajar maupun(8) bergaul. Jangan biarkan anak-anak melewati satu(8b) pun(8) fase dalam hidupnya tanpa dipengaruhi bantuan orang tua. Sejak  lahir, batita(15), balita(15), remaja hingga dewasa anak berhak mendapatkan perhatian 100%(8b) dari orang tuanya. Sesibuk-sibuknya(3) orang tua, bagilah(8) waktu yang dimiliki untuk bersama anak paling tidak dua kali(8b) dalam seminggu mengajak anak jalan-jalan(3) bersama di taman(6) atau berbelanja aksesori(13) yang mereka sukai, menonton TV(15) bersama anak, melakukan kegiatan ibadah bersama anak, makan bersama dll(15). Anak-anak sangat senang bila(1) orang tua mereka memberi(2) semangat seperti dengan cara memeluk atau merangkul mereka, tapi tidak di hadapan teman-teman(3) mereka. Orang tua tetap menjadi orang paling berpengaruh(2) dalam kehidupan anak-anak mereka, sehingga sangat berperan dalam menilai, memotivasi(13), dan memuji keberhasilan akademis anaknya(5). Anak-anak secara alami ingin tahu dan senang belajar tentang hal-hal(3) yang menarik bagi mereka(12). Orang tua mungkin bisa mengarahkan keingintahuan anak-anak  untuk mencapai hal terbaik bagi kebahagiaan dunia mereka. Dari orang tualah(8) anak-anak mendapatkan sumber ilmu(9) pertama mereka.


Daftar Pustaka :
Pusat Bahasa.Kamus Besar Bahasa Indonesia . Gramedia Pustaka Utama .2008.
Dr. Alek & H. Achmad HP. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group. 2010.
Wiwien D. Pratisti. Psikologi Anak Usia Dini. Gudang Penerbit.2008.

Keterangan :
1.      Kata dasar
2.      Kata turunan
3.      Bentuk ulang
4.      Gabungan kata
5.      Kata ganti
6.      Kata depan
7.      Si dan Sang
8.      Partikel
8b.  Angka dan Lambang bilangan
9.      Kiasan
10.  Majemuk
12. Majemuk Bertingkat
13. Unsur Serapan
14.  Tanda Baca

15.  Singkatan dan Akronim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

3 Tahun dari Sekarang

Akan ada saatnya bunga bermekaran menghiasi taman dengan keindahan warna, bentuk serta harumnya yang semerbak Akan ada saatnya anak b...

Popular Posts